Minggu, 18 Desember 2011

DEVELOPING MATHEMATICS EDUCATION IN INDONESIA

By: Marsigit

Unsur-unsur psikologi yang tercantum

Direview oleh : Ikfan Febriyana

Banyak penghambat untuk mengembangkan pendidikan di Indonesia. Termasuk juga dalam pengembangan pembelajaran Matematika. Matematika yang dianggp sulit dan menakutkan oleh sebagian orang menjadi alasan tersendiri yang menghambat perkembangan pendidikan matematika di Indonesia. Tanpa disadari, hal tersebut menjadi sebuah sugesti tersendiri bagi masyarakat Indonesia yang menimbulkan efek kurang baik dalam asumsi matematika, khususnya perkembangan pembelajarannya.

Padahal matematika merupakan salah satu pelajaran yang penting. Terbukti bahwa matematika diberikan di semua jenjang pendidikan. Dimulai dari sekolah dasar sampai perguruan tinggi. Namun, pendidikan matematika yang diajarkan sejak sekolah dasar tersebut bisa saja hanya menjadi sekedar pelajaran yang harus mendapat nilai tinggi untuk lulus tanpa mengetahui lebih jauh tentang konsep-konsep matematika yang sebenarnya. Hal tersebut bukan sepenuhnnya kesalahan dari siswa, melainkan pendidik juga turut berperan dalam kesalahan tersebut. Banyak hal yang dapat menjadi penyebab terjadinya kesalahan konsep pendidikan matematika tersebut,diantaranya dari pihak pendidik sendiri, sebagian dari pendidik matematika di Indonesia khususnya pada tingkat sekolah menengah yang hanya mengajarkan matematika sekedar seperti yang ada pada buku, sedangkan dilihat dari kurikulum yang digunakan sebenarnya kurang sesuai dengan perkembangan pendidikan yang seharusnya

Perubahan kurikulum yang lebih disesuaikan dengan perkembangan pendidikan dapat mengembangakan pendidikan matematika menjadi lebih baik. Namun, semua itu kembali pada individu masyarakat Indonesia kembali. apakah sudah sanggup menerima dan menerapkan perubahan-perubahan baru dalam perkembangan pendidikan matematika atau belum., apabila seluruh masyarakat Indonesia siap dengan kesadaran penuh dan kesadaran pribadi bukan atas paksaan pihak manapun untuk menerima dan mengaplikasikan metode-metode serta hal-hal baru yang menunjang perkembangan pendidikan matematika maka pendidikan matematika dapat semakin berkembang dan maju, serta dapat meminimalisir bahkan menghilangkan kesalahan konsep-konsep dalam pembelajaran matematika.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar